Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Dewan Kesenian Lampung Selatan Gelar Backpacker Teater dan Nukhun Khegah Talam

19/09/2024

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) menggelar kegiatan senin bertajuk “Backpacker Teater dan Nukhun Khegah Talam”, di Lapangan Gajah Nunggal, Desa Pematang, Kecamatan Kalianda, Kamis (19/9/2024).

Acara itu dihadiri Ketua Umum DKLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto, Perwakilan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah 7 Bengkulu, Bellarminus Tyas Mardiko, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Intji Indriati beserta Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Lampung Selatan.

Ketua Umum DKLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan kesenian teater tersebut merupakan wadah bagi para pelaku teater untuk menunjukkan kreativitas dan bakatnya.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk menunjukan bakat para teater, tetapi juga menjadi ruang untuk menghidupkan kembali semangat berkesenian di tengah masyarakat kita saat ini,” kata Winarni.

Winarni menuturkan, kebijakan Bupati Lampung Selatan telah terbukti memberikan ruang yang luas dalam upaya meningkatkan kesenian dan menumbuhkan inovasi kesenian di Bumi Khagom Mufakat.

“Kesenian dipandang sangat penting dalam upaya pembangunan daerah. Dimana Lampung Selatan ini memiliki potensi keberagaman seni budaya yang tumbuh di masyarakat,” ujar Winarni.

Lebih lanjut Winarni menyampaikan, kontribusi atau manfaat teater dan kesenian bagi pemerintah daerah sangat signifikan, baik dari aspek sosial, budaya, maupun ekonomi.

“Diantaranya sebagai upaya untuk pelestarian budaya lokal, penguatan identitas daerah, meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif, serta membuka lapangan kerja dan pengembangan ekonomi,” kata Winarni.

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Intji Indriati mengatakan, suatu kebanggaan bagi Kabupaten Lampung Selatan memiliki kekayaan adat istiadat dan kultur budaya yang beragam.

”Oleh karenanya, saya sangat mendukung kegiatan seni budaya Nukhun Khegah Talam ini, sebagai bentuk kecintaan kita dalam menghargai warisan leluhur,” kata Intji Indriati.

Dikesempatan itu, Intji Indriati juga menyampaikan apresiasi atas program kerja DKLS, khususnya Komite Sastra dan Komite Seni Teater dan Film yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

“Mari kita dukung program kreativitas Dewan Kesenian Lampung Selatan. Jadikan DKLS ini sebagai rumah besar bagi komunitas-komunitas seni budaya, sanggar-sanggar olah seni, juga bagi para seniman-seniman Lampung Selatan,” tutur Intji Indriati.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DKLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto turut meresmikan Sanggar Titian Emas yang ada di Desa Pematang, Kecamatan Kalianda. (Nsy/lmhr)

Last modified: 19/09/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber