Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

63 Sekolah Ikut Perkemahan Kwaran Kecamatan Kalianda di Kampung Jumbara

10/08/2024

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Sebanyak 63 sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se-Kecamatan Kalianda mengikuti Perkemahan Tingkat Kwartir Ranting (Kwaran) yang digelar di Dome Agrowisata, Kalianda, eks lokasi acara Jumbara PMR IX, Sabtu (10/8/2024).

Kegiatan Perkemahan yang diadakan Kwartir Ranting Kecamatan Kalianda dalam rangka memperingati HUT ke-63 Pramuka tersebut, dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Asep Jamhur. Acara itu mengusung tema “Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Mewakili Ketua Kwarcab Kabupaten Lampung Selatan, Asep Jamhur mengatakan, perkemahan tersebut diharapkan dapat berpartisipasi dalam membentuk dan membina karakter bangsa.

“Gerakan Pramuka harus mampu membentuk dan membina generasi muda yang disiplin, tangguh, jujur, dan bertanggungjawab, serta memiliki karakter kepemimpinan yang penting dalam menjaga keutuhan NKRI,” kata Asep Jamhur menyampaikan sambutan Hj. Winarni Nanang Ermanto.

Asep juga menyampaikan, melalui pendidikan gerakan pramuka dapat menjadi agen perubahan positif yang akan melahirkan patriot-patriot bela negara yang akan ikut menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa dari ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kegiatan ini bukan sekadar berkumpul, tetapi juga merupakan wadah untuk membentuk karakter yang kuat, mandiri, serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi,” ujar Asep.

Sementara itu, Ketua Kwaran Kecamatan Kalianda, Syahri mengatakan, Perkemahan tersebut merupakan komitmen sekolah dan komunitas dalam mempersiapkan generasi masa depan.

“Tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki moralitas yang kokoh untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh dalam masyarakat serta handal dan berwawasan,” kata Syahri.

“Sehingga ketika mereka mengetahui adat istiadatnya, mengetahui tata krama dan mereka harus menjalankan kewajibannya terhadap negara bangsa dan agama,” tambah Syahri.

Terpantau, acara Perkemahan itu turut dihadiri juga Camat Kalianda, Erman Suheri beserta Forkopimcam Kalianda, dan Mabigus se-Kecamatan Kalianda. (sel)

Last modified: 11/08/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber