Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Tangani Permasalahan Ibu Hamil, Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang Dan Pemkab Lampung Selatan Gelar Sosialisasi

20/08/2024

DISKOMINFO LAMSEL, Tanjung Sari– Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tanjung Karang, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Sosialisasi Implementasi Aplikasi Kelas Ibu Hamil (KIH) yang bertempat di Aula Puskesmas Kecamatan Tanjung Sari, Senin (20/08/2024).

Menyampaikan sambutan Camat Tanjung Sari, Kasi Kesos, Yusfintina, mengucapkan terima kasih kepada tim dosen Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang yang telah berperan langsung dalam penerapan ilmu yang melibatkan masyarakat dalam menangani permasalahan ibu hamil.

“Kami mengucapkan terima kasih, mudah-mudahan melalui kegiatan ini, masyarakat memiliki bekal ilmu dalam mengatasi masalah-masalah ibu hamil terutama yang ada di wilayah Kecamatan Tanjung Sari, ” ucapnya.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Poltekkes Tanjung Karang, Dr. Sudarmi S. Tr. Keb, menyebutkan, komplikasi kehamilan dan persalinan penyebab kematian pada ibu dan bayi dapat ditangani dengan baik jika diketahui sejak dini.

“Salah satunya dengan aplikasi kelas ibu hamil berbasis android. Ini merupakan media pembelajaran menggunakan audio visual berisi edukasi tentang kehamilan, persalinan, nifas, dan risiko tinggi pada kehamilan juga persalinan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan menggunakan aplikasi ini, ibu hamil lebih mudah mendapatkan informasi tentang kondisi kesehatan kehamilannya.

“Kita bisa tahu, apakah terdapat risiko tinggi dalam kehamilannya,” imbuhnya.

Di samping itu, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (KUPT) Puskesmas Tanjung Sari, Wido Gamani, menerangkan, dengan meningkatnya pengetahuan dan terdeteksi nya ibu hamil yang tergolong beresiko tinggi, diharapkan kesadaran ibu tentang pentingnya menjaga kesehatan ibu selama kehamilan.

“Mudah-mudahan, komplikasi kehamilan dan persalinan ibu hamil tidak terjadi,” pungkasnya. (lmhr)

Last modified: 20/08/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber