Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

SRG PETRA (SISTEM RESI GUDANG PETANISEJAHTERA)

17/06/2023

1. Inisiator Inovasi

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Lampung Selatan

2. Bentuk Inovasi

Inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah

3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan

Fenomena yang sering dihadapi petani saat ini adalah turunnya harga saat musim panen raya. Pada umumnya petani ini memiliki gudang penyimpanan yang memadai dan mereka juga memerlukan dana untuk memulai fase tanam Kembali. Kondisi inilah yang dimanfaatkan para tengkulak untuk mengambil keuntungan besar, sehingga pada akhirnya petani akan mengalami kerugian. Hal ini yang mendorong pemerintah untuk menyediakan sarana yang dapat menjadi solusi mengatasi permasalahan petani melalui Sistem Resi Gudang pada Undang-Undang No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang diubah dengan UU No.9 Tahun 2011 “Pengelola Gudang adalah pihak yang melakukan usaha pergudangan, baik Gudang milik sendiri maupun milik orang lain, yang melakukan penyimpanan, pemeliharaan dan pengawasan barang yang disimpan oleh pemilik barang serta berhak menerbitkan Resi Gudang. Sistem Resi Gudang adalah Kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan, penjaminan dan penyelesaian transaksi Resi Gudang melalui sistem ini, petani tidak perlu terburu-buru untuk menjual hasil panennya. Mereka dapat menyimpan hasil panennya di gudang yang telah ditentukan, kemudian diberikan satu bentuk resi yang dapat digunakan sebagai jaminan pengambilan kredit di bank yang ditentukan. Uang yang mereka dapat bisa digunakan sebagai modal tanam kembali, sedangkan hasil panen dapat mereka jual saat harga pasar sudah normal kembali.

Di Kabupaten Lampung Selatan Sistem Resi Gudang (SRG) dapat dimanfaatkan oleh para petani, kelompok tani, gapoktan, koperasi tani maupun pelaku usaha (pedagang, prosesor, pabrikan) sebagai suatu instrumen tunda jual dan pembiayaan perdagangan dengan jaminan barang (komoditi) yang disimpan di gudang. Sistem Resi Gudang merupakan salah satu instrumen penting dan efektif dalam sistem pembiayaan perdagangan karena dapat memfasilitasi pemberian kredit bagi petani dan dunia usaha dengan agunan barang yang disimpan di gudang.

Sistem Resi Gudang sangat dibutuhkan untuk memfasilitasi pemberian kredit bagi dunia usaha dengan agunan inventori atau barang yang disimpan digudang. Dengan kata lain para pelaku usaha pertanian dapat menunda jual hasil panennya dengan menyimpannya di gudang sambil menunggu harga komoditi kembali stabil. Dengan menyimpan hasil panen di gudang, penyimpan mendapatan dokumen bukti kepemilikan barang yang disimpan di gudang (Resi Gudang) yang bisa dijadikan agunan untuk kredit kepada perbankan, lembaga keuangan non-bank, ataupun investor melalui derivatif resi gudang.

Dengan adanya Sistem Resi Gudang, akan terbuka peluang bagi petani untuk  mendapatkan harga jual yang lebih baik, dengan cara menyimpan komoditi di gudang terlebih dahulu saat panen raya dimana harga umumnya rendah, kemudian menjualnya ketika harga tinggi. Mendapatkan kepastian mutu dan jumlah, karena test uji mutu dilakukan oleh LPK yang telah terakreditasi. Mendapatkan pinjaman dari bank untuk pembiayaan modal kerja pada musim tanam berikutnya dengan jaminan Resi Gudang. Mempermudah jual-beli komoditi secara langsung maupun melalui Pasar Lelang karena tidak perlu membawa komoditinya sebagai contoh, tetapi cukup membawa Resi. Mendorong petani untuk berusaha secara berkelompok sehingga meningkatkan efisiensi biaya dan posisi tawar petani.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Lampung Selatan Bidang Perdagangan memberikan solusi dan pencerahan terhadap masyarakat Beberapa Kendala yang di hadapi dalam penerapan Sistem Resi Gudang (SRG) :

1. Masih kurangnya minat masyarakat untuk bergabung dalam sistem ini, karena belum memahami manfaat dan fungsi dari Sistem Resi Gudang

2. Masih banyaknya petani yang tergantung pembiayaan dengan tengkulak dan rentenir

Pemerintah Pusat melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Lampung Selatan telah menambah Fasilitas Gudang SRG dengan mesin pengiilingan padi (Rice Milling Unit/RMU) dengan demikian masyarakat khusus nya petani berminat bergabung dalam Sistem Resi Gudang. dengan adanya mesin ini diharapkan meningkatkan minat petani untuk menitipkan produk petaninya digudang SRG dengan slogan “SRG PETRA” (Sistem Resi Gudang Petani Sejahtera). Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama pihak terkait  secara berkala melakukan kegiatan Bimuluh (Sosialisasi) terkait Resi Gudang yang dapat menjadi anggunan pembiayaan dengan suku bunga yang lebih kecil dari tengkulak (rentenir).

4. Tujuan Inovasi

Tujuan dari inovasi adalah meningkatkan Perekonomian masyarakat pada wilayah Sektor Pertanian untuk dimanfaatkan langsung sebagai penunjang usaha pada masyarakat khususnya petani.

Keuntungan bagi petani jika menggilingkan gabah di Gudang SRG ini antara lain:

1. Petani dapat menggiling gabah menjadi beras tipe medium dan premium

2. Meningkatkan volume beras yang dihasilkan

3. Meningkatkan kualitas beras yang dihasilkan

5. Manfaat Inovasi

Manfaat dari SRG PETRA di Gudang SRG adalah:

  • Dapat meningkatkan minat petani untuk ikut serta dalam Sistem Resi Gudang
  • Petani memiliki alternatif penjualan hasil produk pertaniannya dalam bentuk gabah atau dalam bentuk beras medium/premium
  • Dapat memberikan jaminan atas produk pertanian yang mereka resikan
  • Menigkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

SRG PETRA (SISTEM RESI GUDANG PETANISEJAHTERA)

Last modified: 25/07/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber