Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

SIMAS (Sistem Informasi Kewaspadaan Masyarakat)

17/06/2023

1. INISIATOR

Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

2. BENTUK INOVASI

Inovasi Pelayanan Publik

3. RANCANG BANGUN DAN PERUBAHAN

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lampung Selatan menginisiasi inovasi Sistem Informasi Kewaspadaan Masyarakat (SIMAS), dan sudah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor: B/184/V.02/HK/2022 tanggal 17 Januari 2022 tentang Penetapan Inovasi dan Pelaksana Inovasi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. SK Bupati Penetapan Inovasi ini merupakan regulasi turunan berdasarkan ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 17 dan Pasal 23 Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 4.1. Tahun 2020 tentang Inovasi Daerah.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Konflik Sosial adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum maupun pada saat dan sesudah terjadi konflik yang mencakup pencegahan konflik, penghentian konflik, dan pemulihan pasca konflik.

FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) fokus pada masyarakat pendatang yang memiliki karakteristik majemuk dan berkonflik. Masyarakat pendatang ini juga memiliki perbedaan sosial dengan masyarakat asli. FKDM telah menjalin kerja sama erat dengan instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam keamanan dan pencegahan konflik. Ini menekankan pentingnya kelompok sasaran yang ingin dicapai. Pemerintah tidak hanya berperan sebagai pengawas, tetapi juga sebagai mitra aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perdamaian.

Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat memiliki dampak yang jauh lebih luas daripada sekadar keuntungan bagi individu atau kelompok tertentu. Lebih dari itu, peningkatan kesejahteraan memiliki implikasi positif yang mencakup seluruh jaringan masyarakat. Masalah-masalah yang sering kali menjadi pemicu konflik, seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, dan ketidakpuasan ekonomi, dapat diatasi melalui peningkatan kesejahteraan. Dengan memberikan akses yang lebih baik terhadap kebutuhan dasar seperti pendidikan, pekerjaan, dan layanan kesehatan, potensi terjadinya konflik sosial dapat ditekan. Kesejahteraan yang meningkat menciptakan landasan yang lebih stabil untuk masyarakat, mengurangi disparitas sosial, dan meminimalkan sumber-sumber ketidakpuasan yang dapat mengarah pada konflik.

Pelaksanaan menyampaikan informasi lebih cepat dan akurat harus dengan cara digital, karena Kabupaten Lampung Selatan memiliki 17 Kecamatan dan 260 desa yang tergolong berjauhan dengan Ibu Kota Kabupaten, oleh karena itu untuk mempercepat informasi sampai ke Kabupaten harus dengan cara langsung dalam inovasi disebut SIMAS (SISTEM INFORMASI KEWASPADAAN MASYARAKAT). Di mana inovasi ini adalah peningkatan dari inovasi sebelumnya, yang di harapkan mampu memberikan informasi kewaspadaan dini dengan lebih cepat dan akurat.

Inovasi disebut SIMAS (SISTEM INFORMASI KEWASPADAAN MASYARAKAT) dilakukan dengan menyampaikan informasi yang akurat dari seluruh pelosok Desa se-Kabupaten Lampung Selatan. Tim FKDM yang telah dibentuk dari berbagai pihak yang ada di kecamatan Kabupaten Lampung Selatan,  diharapkan mampu memberikan informasi kejadian yang ada di desa dan kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam penerimaan informasi dari anggota FKDM ini kami dari Kesbangpol selalu siap menerima info yang masuk dengan petugas kami selalu standby di kantor untuk menerima berita atau info yang di kirim.

4. TUJUAN INOVASI

Tujuan Kewaspadaan Dini Masyarakat meliputi pendeteksian, pengidentifikasian, menilai, menganalisis, menafsirkan dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan demi untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ATHG di Desa dan Kecamatan. Menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ATHG dan memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Tim Kewaspadaan Dini di Desa dan Kecamatan.

5. MANFAAT INOVASI

Untuk mendukung Tim Kewaspadaan Dini di desa dan kecamatan dalam memberikan Laporan secara cepat, tepat dan akurat dibentuk pusat komunikasi dan informasi Kewaspadaan Dini di tengah-tengah masyarakat yang disebut SIMAS (SISTEM INFORMASI KEWASPADAAN MASYARAKAT). Pusat Komunikasi dan Informasi sebagaimana dimaksud yaitu menyampaikan laporan harian, minggguan dan bulanan secara berjenjang atau sewaktu-waktu jika diperlukan bila ada kejadian di seluruh wilayah Lampung Selatan.

6. HASIL INOVASI 

Dengan adanya inovasi SIMAS ini dari tahun 2022 sampai 2023 sudah dilakukan sosialisasi, bimtek yang menghasilkan kemudahan bagi masyarakat untuk menginformasikan kejadian yang terjadi dilingkup wilayah masyarakat, dan lebih cepat dalam menangani konflik yang sedang terjadi, sehingga mengurangi terjadinya konflik di lingkungan masyarakat.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

SIMAS (Sistem Informasi Kewaspadaan Masyarakat)

Last modified: 25/07/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber