Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

PRODESTA SIKOP (PROmosi DESa wisaTA seni budaya berbaSIs eKOnomi kreatiF)

17/06/2023

1. INISIATOR

Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan

2. BENTUK INOVASI

Inovasi bentuk lainnya sesuai Bidang Urusan Pemerintah yang menjadi Kewenangan Daerah

3. RANCANG BANGUN DAN POKOK PERUBAHAN

Kecamatan Way Panji menginisiasi inovasi Promosi Desa Wisata Seni Budaya Berbasis Ekonomi Kreatif (PRODESTA SIKOP), dan sudah di tetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor: B/184/V.02/HK/2022 tanggal 17 Januari 2022 tentang Penetapan Inovasi dan Pelaksana Inovasi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. SK Bupati Penetapan Inovasi ini merupakan regulasi turunan berdasarkan ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 17 dan Pasal 23 Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 4.1 Tahun 2020 tentang Inovasi Daerah.

Berdasarkan Rencana Strategis (RENSTRA) Kecamatan Way Panji tahun 2021 sampai tahun 2026 dari isu strategis Kecamatan way Panji dalam mencapai visi dan misinya selama 5 (lima)  tahun diantaranya adalah terkait infrastruktur kewilayahan yaitu membangun sinergitas dan koordinasi yang baik dari semua komponen yang ada di wilayah Kecamatan demi memujudkan pemberdayaan masyarakat dan UMKM serta meningkatkan kerukunan antar seluruh elemen masyarakat dan mempertahankan suasana kondusif melalui pendekatan social budaya maupun keagamaan dan koordinasi yang baik antar Desa, Kecamatan dan aparat keamanan. Dari dampak yang diharapkan seperti diatas serta keterkaitannya dengan isu strategis di dalam rencana strategis Kecamatan Way Panji Tahun 2021 sampai tahun 2026 maka pariwisata menjadi hal penting untuk di ciptakannya suatu inovasi. Pariwisata di negara kita telah berkembang pesat dengan banyaknya obyek-obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Wisata seni budaya berbasis ekonomi kreatif adalah salah satu pariwisata yang menggunakan produk ekonomi kreatif sebagai objeknya melalui kegiatan kebudayaan kehidupan masyarakat.

Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan memberikan solusi bagi Desa Balinuraga sebagai desa wisata untuk mengembangkan potensi wisata yang ada guna memberikan pendapatan masyarakat dan sumber pendapatan asli desa yaitu melalui penerapan inovasi “PROMOSI DESA WISATA SENI BUDAYA BERBASIS EKONOMI KREATIF (PRODESTA SIKOP)”.

Inovasi dilakukan untuk pengembangan desa wisata yang akan dikembangkan sebagai salah satu kawasan potensi pariwisata di wilayah Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan. Desa Balinuraga memiliki potensi yang sangat besar yang tersimpan untuk dikembangkan menjadi desa wisata seni budaya Berbasis Ekonomi Kreatif. Dimana Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji syarat daya tarik dengan tata cara kehidupan Adat Kebudayaannya.

Namun Kondisi yang ada saat ini  perkembangan Desa Balinuraga sebagai sebuah desa wisata seni budaya berbasis ekonomi kreatif adalah belum terlihatnya suasana desa wisata yang berfokuskan pada wisata Adat Budaya yang membuat perkembangan desa Balinuraga cenderung stagnan dan berdampak kepada jumlah kunjungan wisatawan, hal itu terlihat dari kurangnya partisipasi masyarakat karena belum tersedianya lokasi khusus itu sendiri. Permasalahan yang dihadapi Desa Balinuraga, antara lain: Belum tersedianya tempat pengembangan sentra desa wisata, belum optimalnya koordinasi pengelolaan desa wisata oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis, masih ada potensi daya tarik wisata yang belum tergali, masih lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat lokal serta masih kurangnya keterlibatan masyarakat lokal dalam pengembangan desa wisata.

Melalui inovasi Promosi Desa Wisata Seni Budaya Berbasis Ekonomi Kreatif (PRODESTA SIKOP) ini dapat membantu pihak terkait khususnya Pemerintah Desa Balinuraga dan pemangku kepentingan lainnya seperti pengelola destinasi wisata Adat Budaya dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Balinuraga dalam mempersiapkan diri menuju sebuah desa wisata Seni Budaya Berbasis Ekonomi Kreatif yang ideal. Kecamatan Way Panji melalui Inovasi PROMOSI DESA WISATA SENI BUDAYA BERBASIS EKONOMI KREATIF (PRODESTA SIKOP) ini akan dilakukan strategi pengembangan sebagai berikut :

  1. Diperlukan koordinasi pengelolaan desa wisata antara Pemerintah Desa Balinuraga  dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Pemerintah Kecamatan Way Panji untuk mempersiapkan lahan sebagai pusat pengembangan Desa Wisata.
  2. Menyediakan tempat parkir kendaraan untuk wisatawan yang berkunjung ke Desa Balinuraga.
  3. Sebagai tempat start atau mulainya wisata tracking, cycling, wisata petualang.
  4. Mengembangkan pondok-pondok wisata yang dimiliki dan dikelola masyarakat lokal.
  5. Tetap mengkonservasi alam dengan tidak mengubah bentang alam karena wilayah tersebut merupakan daerah penyangga atau daerah resapan.
  6. Mengembangkan ekowisata berbasis kearifan masyarakat lokal.
  7. Mengembangkan Sumber Daya Manusia agar masyarakat lokal lebih berperan aktif dalam pengembangan desa wisata.

4. TUJUAN INOVASI

Tujuan inovasi PROMOSI DESA WISATA SENI BUDAYA BERBASIS EKONOMI KREATIF (PRODESTA SIKOP) adalah:

  1. Mengetahui perkembangan ekonomi masyarakat yang diperoleh Desa Wisata tersebut setelah Desa Wisata itu dikembangkan menjadi sebuah kawasan Destinasi  Desa Wisata berbasis Ekonomi Kreatif.
  2. Agar tumbuh cluster desa-desa yang menjadi basis pokok berbagai kebutuhan desa wisata yang bersangkutan sehingga dapat:
    • Mendorong peningkatan Pendapatan Asli Desa
    • Mengangkat budaya, keunikan, keaslian dan sifat khas desaMendorong perkembangan kewirausahaan lokalMenciptakan lapangan pekerjaan di desa
    • Meningkatkan perekonomian desa

Agar pengembangan potensi pariwisata desa juga dapat mempercepat kemajuan desa dari desa tertinggal menjadi berkembang yang pada akhirnya mampu menjadi desa mandiri.

5. MANFAAT INOVASI

Manfaat yang diperoleh dengan adanya inovasi “ PROMOSI DESA WISATA SENI BUDAYA BERBASIS EKONOMI KREATIF (PRODESTA SIKO )” ini adalah:

  1. Tingkat kehidupan masyarakat maju dan budaya serta tradisi dapat  lestari.
  2. Manfaat perekonomian bagi masyarakat perdesaan dengan memperoleh keuntungan dari objek wisata yang ditawarkan dan meningkatnya kunjungan wisatawan sehingga perputaran perekonomian semakin lancar.
  3. Meningkatkan keberadaan Usaha Mikro,  Kecil dan  Menengah (UMKM)
  4. Sebagai sarana promosi produk lokal.

Hasil (output) dari inovasi “PROMOSI DESA WISATA SENI BUDAYA BERBASIS EKONOMI KREATIF  ( PRODESTA SIKOP )” diharapkan adanya:

1. Lapangan Pekerjaan Baru

Secara otomatis lapangan pekerjaan baru akan tercipta, mengingat desa wisata juga memiliki berbagai elemen untuk dipenuhi. Semisal masuk menjadi pengelola destinasi mulai dari penjaga parkir, toilet, pengelola homestay, pusat oleh-oleh atau rumah makan dan juga sebagai tim marketing online.

2. Peningkatan Produk Unggulan Desa

 Dalam hal ini terkait dengan ekonomi kreatif yang ada di desa perlu adanya inovasi, seperti produk olahan hasil pertanian dan home industri. Artinya desa harus mengelola potensi alam yang ada dan pemberdayaan UMKM, misalnya kopi yang biasanya di jual ke pasar perlu diolah dan dikemas agar mendapat nilai tambah hasil dari pertanian dan begitu juga sentra-sentra kerajinan UMKM. Karena pengembangan wisata tak pernah lepas dari produk olahan.

3. Peningkatan Infrastruktur Desa.

 Pemerintah Desa dengan dana desa yang dimiliki, wajib merencanakan pengembangan wisata salah satunya adalah pembangunan infrastruktur, seperti jalan desa atau jalan menuju destinasi. Selain itu, pembangunan sarana dan prasarana pengembangan destinasi, misalnya toilet, tempat beribadah dan juga tempat istirahat.

4. Jejaring dengan Pihak Luar Desa.

Dampak positif yang lain adalah jejaring dengan pihak lain yang mempunyai kepentingan yang sama. Misalnya pemerintah setempat, pihak swasta atau juga instansi lain yang dapat diajak bekerjasama (agen tour dan travel, hotel dan pihak-pihak lain).

6. HASIL INOVASI

Dengan penerapan Inovasi Prodesta Sikop pada tahun 2022 dan 2023 di peroleh hasil sebagai berikut yaitu:

  1. berkembangnya kegiatan seni budaya di Desa Balinuraga khususnya dan pada umumnya di desa-desa se Kecamatan Way Panji.
  2. Memperkenalkan berbagai macam jenis Produk UMKM yang berada di Kecamatan Way Panji.
  3. Memperkenalkan potensi Desa Wisata yang berada di Kecamatan Way Panji.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini:

PRODESTA SIKOP (PROmosi DESa wisaTA seni budaya berbaSIs eKOnomi kreatiF)

Last modified: 25/07/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber