Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

KOPI PENENGAHAN (KOmpak, Profesional, adIl, PElayanaN, sEnaNG, mudAH, nyamANKOPI PENENGAHAN)

15/06/2023

1. INISIATOR

Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan

2. BENTUK INOVASI

Inovasi Pelayanan Publik

3. RANCANG BANGUN DAN POKOK PERUBAHAN

Kecamatan Penengahan menginisiasi inovasi KOmpak, Profesional, adIl, PElayanaN, sEnaNG, mudAH, nyamAN (KOPI PENENGAHAN) dan sudah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor: B/184/V.02/HK/2022 tanggal 17 Januari 2022 tentang Penetapan Inovasi dan Pelaksana Inovasi pada pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. SK Bupati Penetapan Inovasi ini merupakan regulasi turunan berdasarkan ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 17 dan pasal 23 Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 4.1 Tahun 2020 tentang Inovasi Daerah.

Inovasi yang berjudul “KOPI PENENGAHAN” yang mengusung nilai-nilai kompak, profesional, adil, pelayanan, senang, mudah, dan nyaman tentu memiliki potensi untuk menghadapi beberapa permasalahan.

Kesulitan dalam Implementasi: Mengintegrasikan nilai-nilai seperti kompak, profesional, adil, pelayanan, senang, mudah, dan nyaman dalam suatu inovasi dapat menjadi tantangan. Memastikan semua elemen ini terwujud dengan baik dan konsisten dalam setiap aspek inovasi bisa menjadi rumit.

Kesulitan dalam Mempertahankan Konsistensi: Memastikan bahwa standar kompak, profesional, adil, pelayanan, senang, mudah, dan nyaman tetap terjaga dari waktu ke waktu dan di berbagai situasi bisa menjadi tantangan. Konsistensi merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga reputasi inovasi.

Tantangan dalam Meningkatkan Kesadaran dan Penerimaan:

Memastikan bahwa inovasi ini diterima dengan baik oleh masyarakat dan stakeholder terkait juga bisa menjadi permasalahan. Mengkomunikasikan nilai-nilai inovasi dengan efektif dan meyakinkan bisa menjadi tantangan tersendiri. Inovasi pelayanan publik KOPI PENENGAHAN adalah suatu usaha Kecamatan Penengahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mendahulukan kepentingan umum, mempermudah urusan publik, mempersingkat waktu pelayanan dan memberikan kepuasanterhadap masyarakat. Keberhasilan suatu pelayanan dapat dinilai berdasarkan pada rasa puas oleh orang/masyarakat yang memerlukan pelayanan, atau dapat diartikan dengan mempertimbangkan bagaimana pandangan antara pelayanan yang diterima dengan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat.

Adapun inovasi pelayanan publik KOPI PENENGAHAN dapat diuraikan sebagai berikut:

– KOmpak : Mendukung dan saling bekerjasama guna menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

– Professional : Mampu memberikan pelayanan yang cepat,tepat dan akurat dengan memberikan informasi yang jelas dan benar tentang persyaratan administrasi pelayanan,dimana petugas pelayanan selalu meneliti berkas yang disampaikan oleh masyarakat kemudian menginformasikan kelengkapan berkas yang dibutuhkan agar masyarakat tidak sampai kembali hanya karena kekurangan berkas.

– adIl : Melayani dengan standar yang sama kepada semua masyarakat tanpa perbedaan, dimana semua masyarakat mendapat hak yang sama,tidak ada yang diistimewakan.

– PElayanaN : Memberikan pelayanan prima yaitu berupa menyelenggarakan pelayanan yang sebaik- baiknya, dimana pelayanan yang diberikan dengan membangun kerja sama yang baik untuk mencapai hasil yang baik pula, dimana petugas pelayanan menempatkan masyarakat sebagai mitra dan kepuasan masyarakat menjadi tujuan utama dari pelayanan yang diberikan.

– sEnaNG : “Anda puas, kami senang ”Proses pelayanan yang cepat, mudah, tepat dan disertai sikap yang ramah petugas pelayanan menjadi harapan bagi masyarakat. Jika pelayanan yang diberikan sudah seperti itu, maka masyarakat pun akan puas dan senang.

– mudAH : Memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan penerapan pelayanan satu pintu yang diharapkan dapat mempercepat waktu pelayanan.

– nyamAN : Memberikan kenyamanan dalam pelayanan dengan menerapkan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) yaitu terkait kesopanan dan keramahan petugas pelayanan sehingga diharapkan masyarakat merasa dipentingkan, nyaman dan terlayani dengan baik.

4. TUJUAN INOVASI

Tujuan inovasi pelayanan publik KOPI PENENGAHAN adalah sebagai berikut :

1. Terlaksananya pelayanan yang pasti,mudah,cepat,transparan dan akuntabel.

2. Mempermudah penyelenggaraan berbagai bentuk pelayanan publik.

3. Dapat memberikan pelayanan publik secara efisien dan efektif.

4. Dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat.

5. Dapat mendekatkan,mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat.

5. MANFAAT INOVASI

Manfaat yang diperoleh dengan adanya inovasi pelayanan publik KOPI PENENGAHAN ini adalah pelayanan di Kecamatan Penengahan lebih efektif dan efisien sehingga dengan adanya perbaikan pelayanan kepada masyarakat dapat memenuhi indek kepuasan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Hasil (output) dari inovasi pelayanan publik KOPI PENENGAHAN ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik serta diharapkan bisa memberikan kepuasan pada masyarakat karena masyarakat merasa dipentingkan dan terlayani dengan baik.

6. HASIL INOVASI

Hasil atau output dari inovasi yang berjudul “KOPI PENENGAHAN” yang mengusung nilai-nilai kompak, profesional, adil, pelayanan, senang, mudah, dan nyaman dapat beragam dan dapat  memberikan dampak positif bagi organisasi yang menerapkannya.

Berikut adalah beberapa potensi hasil atau output yang dapat dicapai dari inovasi tersebut:

1. Peningkatan Kinerja Organisasi: Dengan adopsi nilai-nilai kompak, profesional, adil, pelayanan, senang, mudah, dan nyaman, organisasi dapat mengalami peningkatan kinerja secara keseluruhan.  Pegawai yang merasa senang dan nyaman dalam bekerja cenderung lebih produktif dan berkontribusi lebih baik.

2. Peningkatan Kepuasan Masyarakat: Pelayanan yang adil, profesional, dan mudah akan meningkatkan kepuasan masyarakat. Pelanggan akan merasa senang dan nyaman bertransaksi dengan organisasi yang memberikan pelayanan yang baik dan responsif.

3. Pengembangan Reputasi Positif: Dengan memberikan pelayanan yang adil, profesional, dan kompak, organisasi dapat membangun reputasi yang positif di mata masyarakat. Reputasi yang baik akan membantu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas masyarakat.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

KOPI PENENGAHAN (KOmpak, Profesional, adIl, PElayanaN, sEnaNG, mudAH, nyamANKOPI PENENGAHAN)

Last modified: 21/07/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber