2017-11-21 87 kali dibaca 2.00

PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL KE-53, DINKES LAMSEL GELAR BERBAGAI PERLOMBAAN

Image

Ket Foto : Peserta dari UPT Puskesmas sedang mengikuti lomba senam gabat gibut pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 yang digelar Dinas Kesehatan Lampung Selatan.

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan menggelar kegiatan pertandingan olahraga dan berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017, yang dipusatkan di Kantor Dinkes setempat, Selasa (21/11).

Kegiatan HKN yang dibuka langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Supriyanto, S.Sos, MM, diawali dengan apel bersama seluruh unsur jajaran kesehatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Supriyanto mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional hendaknya dijadikan sebagai momentum bagi jajaran kesehatan untuk melakukan banyak hal, terutama bagi Dinkes Lampung Selatan untuk menjadi penggerak dibidang kesehatan.

Menurutnya, sebagai pelayan dibidang kesehatan, seluruh unsur kesehatan haruslah dapat memberikan contoh kepada masyarakat. Sebab, bila seseorang tidak sehat maka mereka tidak bisa melakukan hal yang lebih baik.

“Sehatkan dulu diri kita, baru kita sehatkan yang lain. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjadi motor penggerak kesehatan diwilayah masing-masing yang dimulai dari keluarga dan lingkungan kita. Tugas ini semua tertumpu pada kita semua yang hadir disini,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Devi Arminanto, SKM, mendampingi Kepala Dinkes Lampung Selatan dr. Jimmy B. Hutapea, MARS menerangkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HKN ke-53 yang telah dimulai sejak 9 November lalu dan puncaknya akan dilaksanakan pada 7 Desember mendatang.

“Sebelumnya kita telah menggelar serangkaian kegiatan, seperti tanggal 9 November kemarin ada jalan sehat, bhakti sosial, dan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis. Puncaknya nanti akan kita laksanakan pada tanggal 7 Desember dan rencananya akan dihadiri pak bupati,” terangnya.

Dijelaskannya, kegiatan itu diikuti peserta dari 26 Puskesmas yang ada di 17 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan, Organisasi Profesi seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia), IAI (Ikatan Apoteker Indonesia), HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesai) dan BPJS.

“Kegiatan hari ini ada pertandingan olahraga dan lomba-lomba, yaitu lomba yel-yel, lomba senam gabat gibut, ada pertandingan futsal, lomba desain buah, lomba desain baner kesehatan, lomba kerakyatan, seperti tarik tambang, dan pisang berantai. Kegiatan ini diiikuti semua unsur jajaran kesehatan se-Lampung Selatan,” tutur Devi.

Dia menambahkan, kegiatan yang mengusung tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”, Dinas Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat berharap kegiatan pertandingan olahraga dan lomba tersebut dapat memberi nilai positif bagi seluruh peserta yang hadir.

“Selain sebagai ajang silaturahmi, melalui kegiatan ini juga kita ingin menyampaikan kepada masyarakat tentang hidup bersih dan sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sehingga visi misi bupati bisa tercapai. Kita ingin masyarakat menyadari bahwa hidup bersih sehat itu sangat penting, sehingga dimasa yang akan datang bukan banyak orang sakit tetapi banyak orang yang sehat,” tambahnya.

Diakhir dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berperilaku hidup sehat agar dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat dan sehat. “Lakukanlah Germas untuk mewujudkan Lampung Selatan BISA, dengan harapan derajat kesehatan masyarakat Indonesia meningkat,” tutupnya. (/zz)

Leave a Reply