2017-11-09 20 kali dibaca 2.00

GOPTKI LAMPUNG SELATAN GELAR SEMINAR PENDIDIKAN BERKARAKTER

Image

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Pedagogik dan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik, khususnya kepala, guru, dan pengurus PAUD/TK yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Lampung Selatan menggelar Seminar Pendidikan melalui media pembelajaran, sumber belajar, dan pendidikan berkarakter.

Acara yang digelar di Aula Rajabasa, Kamis (9/11), Kantor Bupati Lampung Selatan dibuka secara langsung oleh Ketua GOPTKI Kabupaten Lampung Selatan Siti Fatimah Fredy yang juga merupakan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Siti Fatimah mengatakan, pendidikan adalah tentang masa depan, yaitu bagaimana untuk menyiapkan generasi baru. Untuk itu katanya, sebagai seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik agar PAUD dapat ditingkatkan.

Dia menyampaikan, kedudukan guru PAUD sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas keilmuan dibidang media, sumber belajar, dan pendidikan karakter demi keberhasilan proses pembelajaran di kelas dan masa yang akan datang.

“Pendidikan bukanlah membentuk, tapi pendidikan adalah menumbuhkan, maka hal yang harus dipersiapkan adalah guru yang berkompetensi pedogogik yang baik. Untuk itu, dengan seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru PAUD yang optimal,” ujar istri Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan ini.

Siti Fatimah menambahkan, gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter dalam pendidikan. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggungjawab.

“Ikhtiar besar kita untuk pendidikan ini hanya akan bisa terwujud apabila kita semua terus bekerja keras dan semakin membuka lebar-lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan. Karena ikhtiar memajukan pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama,” katanya.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Endang Budi Astuti melaporkan, seminar pendidikan tersebut diikuti oleh kepala dan guru PAUD serta pengurus PAUD/TK se-Kabupaten Lampung Selatan. Dan dilaksanakan berdasarkan program kerja dan hasil rapat GOPTKI Kabupaten Lampung Selatan.

“Tujuan seminar ini adalah agar guru PAUD dapat memahami media sumber belajar yang digunakan. Selain itu untuk menumbuh kembangkan karakter anak didik dan menambah kompetensi pedagogik guru PAUD dalam pembelajaran,” ungkapnya. (/zz)

Leave a Reply