2018-05-09 50 kali dibaca 2.00

SAMBANGI PEPUSNAS, ZAINUDIN KOORDINASIKAN PERPUSERU KE PUSAT TINGKATKAN LITERASI DESA

Image

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pentingnya literasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sudah banyak disadari oleh para pemimpin daerah. Upaya untuk terus menggalakkan aneka program dukungan maupun penguatan literasi juga terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel).

Hal ini terlihat saat kunjungan Bupati Lampung Selatan, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Rabu (9/5). Kedatangan Zainudin yang didampingi Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Pemkab Lamsel, Eka Riantinawati diterima langsung Kepala Perpusnas RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM.

Di sela-sela kunjungannya, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menyempatkan diri untuk melihat secara langsung suasana serta tata ruang gedung Perpusnas. Kelengkapan sarana dan prasarana yang ada, menginspirasi dirinya untuk menerapkan di daerahnya.

Adapun, dalam pertemuan itu, Zainudin berharap Perpusnas dapat memberikan dukungan terkait program yang akan dilakukan Pemkab Lamsel. Dimana, saat ini pihaknya tengah gencar menyebarluaskan Perpuseru hingga ke pelosok-pelosok desa.

“Dengan hadirnya perpustakaan dari tingkat kabupaten hingga ke pelosok desa, semua masyarakat baik dewasa, pemuda serta anak-anak yang putus sekolah diharapkan dapat lebih gemar mambaca,” kata Zainudin.

Menurutnya, keberadaan perpustakaan juga perlu dilengkapi dengan sarana dan prasana yang memadai, seperti jaringan internet. Sehingga nantinya, Perpuseru dapat dirasakan manfaatnya oleh anak-anak yang putus sekolah.

“Nanti mereka (anak-anak, red) bisa mengakses internet, sehingga kita semua bisa membuka cakrawala dunia dan bisa meraih kesuksesan dan kejayaan untuk Indonesia," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Lamsel, Eka Riantinawati mengatakan, tujuan dari kunjungan itu adalah bagaimana menjadikan perpustakaan yang ada di Lampung Selatan bisa lebih berkembang sampai ke pelosok-pelosok desa.

“Harapannya, masyarakat akan lebih merasakan manfaat hadirnya perpustakaan sampai ke pelosok desa. Selanjutnya, dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan mengakses berbagai ilmu pengetahuan melalui perpustakaan," ujar Eka kepada tim lampungselatankab.go.id melalui pesan WhatsApp.

Disisi lain, Kepala Perpusnas  RI,  Muhhamad Syarif Bando sangat mengapresiasi niat dan upaya Pemkab Lamsel dalam menyebarluaskan Perpuseru hingga ke pelosok-pelosok desa. Menurutnya, semangat menaikkan kualitas literasi dapat berujung pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

"Masyarakat tidak hanya diajari pentingnya membaca tapi juga dilatih untuk mengerti segala maksud isi pesan maupun informasi yang terkandung dalam setiap bahan bacaan,” ujar Muhammad Syarif.

Lebih lanjut Syarif mengungkapkan, seiring perkembanhgan zaman, paradigma perpustakaan sudah berubah. Bukan lagi sekedar tumpukan buku yang diterima, diolah, diklasifikasikan, dikatalogisasi hingga akhirnya berdebu dan membusuk, tapi nihil manfaat bagi masyarakat.

“Tetapi juga dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi serta berbagai jenis jasa lainnya. Pustakawan yang bertugas di perpustakaan, juga harus mampu menjadi jembatan pengetahuan dari semua koleksi yang tersedia," imbuhnya. (*az/ant)

 IMG-20180509-WA0030

Leave a Reply