Polda Lampung Gelar Simulasi Penanganan Konflik

44Web Pelantikn 2017.jpgPosted By : mm/kominfo at 22-01-2013 17:12:03

Polda Provinsi Lampung menggelar Simulasi Penanganan dan Penanggulangan Konflik Sosial tahun 2013 yang diselenggarakan di Lapangan Cipta Karya Kecamatan Kalianda Kabupaten Lamsel, Selasa(22/01). Dalam simulasi tersebut melibatkan ratusan personel kepolisian gabungan dari sejumlah Polres Kabupaten/kota di wilayah Lampung serta Kodim 0421, para personil yang diterjunkan diantaranya pasukan Gegana, Dalmas, Shabara dan beberapa Penembak Jitu.

Dalam sambutannya Kapolda Lampung Brigjen. Heru Winarko mengatakan, simulasi ini adalah latihan yang dilakukan apabila rembuk pekon atau musyawarah desa tidak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat, sehingga menimbulkan konflik komunal yang mengarah ke merah. Cara-cara seperti ini adalah cara yang sangat tidak diinginkan oleh Kepolisian, dan diharapkan tidak pernah digunakan di Lampung. Karena menurut jenderal bintang satu ini semua masalah bisa diselesaikan dengan jajaran Fokorpimda melalui musyawarah bersama dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama yang ada di daerah.

Sedangkan Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza. SZP dalam sambutanya mengatakan, melalui kegiatan simulasi ini akan dapat semakin meningkatkan kewaspadaan kita khususnya dalam menjaga keamanan, ketertiban ataupun gangguan-gangguan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

Bupati menambahkan, Kabupaten Lampung Selatan sendiri masih dapat digolongkan kedalam daerah yang masih rawan terhadap adanya konflik. Banyak faktor kondisi sosial, ekonomi, demografis yang dapat memicu munculnya konflik-konflik tersebut. Keanekaragaman suku, agama, dan budaya, pada satu sisi  merupakan suatu kekayaan dan potensi yang secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. Namun pada sisi lain, kondisi tersebut dapat membawa dampak buruk bagi kehidupan sosial, apalagi jika terdapat kondisi serta dinamika kehidupan sosial yang kurang terkendali. Bupati juga sangat mengapresiasi terhadap kegiatan simulasi ini dalam rangka semakin peningkatkan kewaspadaan kita dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Daerah

DR. H. ZAINUDIN HASAN, M.Hum
Bupati Lampung Selatan
NANANG ERMANTO
Wakil Bupati Lampung Selatan

Agenda Kegiatan

Area Member



Not Register ? Register on Here

Banner Iklan