FKUB Badung Belajar Kerukunan Umat di Lampung Selatan

89Badung Web.jpgPosted By : mm/kominfo at 24-02-2017 15:36:51

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) - Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung, Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan. Kunker ini selain silaturahmi sekaligus bertukar informasi masalah menjaga kerukunan umat beragama dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam.

Kunjungan rombongan pejabat dan pengurus FKUB yang dipimpin DR. Putu Parwata selaku Pelindung FKUB Kabupaten Badung yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Badung, sengaja memilih Kabupaten Lampung Selatan sebagai tujuan kunker mengingat kondisi toleransi umat beragama yang sangat tinggi.

Kunjungan rombongan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Fokorpimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Ir. Fredy SM, MM berserta sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Lampung Selatan dan Pengurus FKUB Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Aula Rajabasa, Jum’at (24/02), Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan ucapakan terima kasih atas kehadiran FKUB Kabupaten Badung di Kabupaten Lampung Selatan. Dirinya berharap, dalam pertemuan tersebut dapat saling berbagi informasi dan belajar program yang sudah berjalan pada kelembagaan FKUB.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan saya ucapkan selamat datang di Lampung Selatan, semoga pertemuan ini akan menambah persaudaraan dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Kami juga berharap melalui kunjungan ini kita saling bertukar informasi dalam hal mengelola kerukunan umat beraga di daerah kita masing-masing," ujar Nanang.

Sementara, Ketua Harian FKUB Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika, SH, MH yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Lampung Selatan yang sudah menerima pihaknya. "Kami sungguh merasa tersanjung, karena kami telah diterima dengan penuh rasa kekeluargaan, ramah tamah dan penyambutan yang luar biasa. Untuk itu kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya," katanya.

Menurut Kompyang R. Swandika, tujuan dari kunjungannya bersama rombongan pengurus FKUB ke Kabupaten Lampung Selatan adalah dalam rangka silaturahmi, yaitu untuk memperkuat persaudaraan, persahabatan antar umat beragama. "Karena kerukunan, kesejukan, dan harmoni antar umat beragama merupakan hal yang sangat penting sekali, aset untuk memperteguh kecintaan kita pada negeri tercinta, negara kesatuan Repbublik Indonesia," ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, kunjungan pejabat bersama pengurus FKUB, selain silaturahmi juga ingin belajar kepada FKUB Kabupaten Lampung Selatan. "Yang kedua adalah untuk belajar dan belajar, dalam membina, mengarahkan dan menuntun umat bergama ini, agar lebih bertakwa kepada Tuhan YME, lebih berbakti dan setia kepada negeri, dan lebih kuat dan teguh dalam menggali dan mengembangkan sumber daya alam daerah untuk kemajuan daerahnya masing-masing," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan M. Syahroni, S.Sos menambahkan, Kabupaten Lampung Selatan meruapakan daerah yang memiliki masyarakat yang beragam, sehingga ada beberapa macam suku, ras, dan agama.

Namun demikian, dikarenakan kepemimpinan formal maupun non formal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dibawah kepemimpinan Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum serta tokoh agama yang ada, maka konflik antar umat beragama di Kabupaten Lampung Selatan jarang ditemukan.

"Lampung Selatan memiliki 1,2 juta jiwa penduduk dengan 17 kecamatan, mayoritas penduduk memeluk agama Islam, diikuti Hindu, Kristen dan Katolik, budha dan lain-lain. Kita berharap dengan kunjungan ini dapat menumbuhkan jalinan silaturahmi antar umat beragama, karena apabila tercipta kerukunan antar pemeluk agama, maka program pembangunan pun akan berjalan dengan baik,” terang Syahroni.

Kepala Daerah

DR. H. ZAINUDIN HASAN, M.Hum
Bupati Lampung Selatan
NANANG ERMANTO
Wakil Bupati Lampung Selatan

Agenda Kegiatan

Area Member



Not Register ? Register on Here

Banner Iklan