Zainudin : Satpol PP Harus Proaktif Turun Ke Lapangan

By : mm/kominfo 29-03-2016 08:59:34

KALIANDA - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ke-54 tahun 2016 dilaksanakan di Lapangan Korpri komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Senin (28/03) kemarin.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum, hadir pula Wakil Bupati Nanang Ermanto, Fokorpimda Lampung Selatan, serta para pejabat di Lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Dikatakan Bupati, polisi pamong praja mempunyai peran yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, yaitu menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum, menegakkan peraturan daerah dan kebijakan–kebijakan kepala daerah.

Untuk itu, dirinya menginginkan Satpol-PP agar lebih proaktif tidak hanya diam ditempat dalam melaksanakan tugasnya. Tetapi harus terjun langsung ke tengah masyarakat, terutama daerah-daerah rawan pada wilayah kerjanya. "Satpol-PP jangan hanya diam ditempat, harus keliling kedesa-desa dan tau titik-titik rawan. Rajin lakukan razia terhadap penyakit masyarakat. Dengan itu kita dapat memetakan titik-titik yang rawan,” tegasnya.

Namun demikian, Zainudin juga menghimbau dalam melaksanakan tugas Satpol PP hendaknya tetap berpedoman pada aturan dan bertindak secara profesional melalui cara – cara persuasif, simpatik dan edukatif sehingga sedapat mungkin dihindari penggunaan kekerasan.

"Lihat warung-warung milik masyarakat lakukan pendekatan yang baik dan berikan himbauan agar tidak menjual minuman keras (miras). Bagi Kepala Desanya, agar melarang menjual miras, tidak buka lapak judi dadu koprok. Supaya, di Lampung selatan lebih kondusif," imbuhnya.